Manfaat Mandi dengan Air Hangat dan Dampak Negatif



Mandi merupakan hal yang paling di utamakan di setiap harinya agar supaya badan menjadi bersih dan terhindar dari bacteri yang timbul, manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau,debu, dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi. Setelah mandi, biasanya merasa segar,bersih, dan rileks.

Tahukah kamu bahwa mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat?


Air hangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia tetapi dibalik kebermanfaatannya, mandi air hangat juga memiliki resiko apalagi tidak di gunakan dengan benar.
Sepertinya kebanyakan orang, biasanya kita mandi menggunakan air dingin. Manfaat mandi air dingin pun juga banyak untuk kesehatan tubuh. Mandi air dingin di pagi hari dipercaya bisa meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kelembapan kulit dan masih banyak lainnya. 
Nah bagaimana dengan mandi menggunakan air hangat?
Apabila mandi dengan air hangat memiliki manfaat yang sama seperti kita menggunakan air dingin?

Memang mandi dengan air hangat rasanya memang enak dan nyaman, tetapi terkadang kita terlalu sering menggunakan air hangat padahal itu tidaklah baik untuk kesehatan jika di lakukan terus menerus.

Manfaat Air Hangat

- Membuat awet muda dan membersihkan kulit
Pori yang tersumbat dapat meyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. Air hangat akan membuka pori, membuatnya mudah untuk dibersihkan, dan segala kotoran pun terlepas. Dengan mandi air hangat, pori-pori pada kulit akan terbuka, dan kotoran akan lebih mudah dibersihkan, sehingga kulit tampak segar dan tidak kering. Namun, setelah selesai mandi air hangat, sebaiknya kamu menutup kembali pori-pori yang terbuka dengan mengguyurkan air dingin ke tubuh.

- Mengatasi Tubuh Komedo dan Jerawat
Tahukah kamu bahwa salah satu manfaat mandi air hangat adalah dapat mengatasi komedo dari jerawat? Dengan kamu mandi memakai air hangat, pori-pori kulit menjadi terbuka sehingga kotoran yang tersumbat pada pori-pori kulit kamu dapat dengan mudah dibersihkan sehingga masalah dan jerawat dapat dicegah dan diatasi.

- Mengurangi Stres dan Insomnia
Mandi air hangat membuat tubuh merasa santai dan rileks, meringankan sakit, dan tegang pada oto dan memperlancar peredaran darah. Mandi air hangat merupakan penenang alami yang di timbulkan. Dengan mandi air hangat, maka dapat juga membantu menghilangkan rasa stres yang melanda pikiran. Mandi dengan air hangat juga membuat istirahat atau tidur akan lebih pulas dan nyaman. Sehingga ketika bangun, Tubuh kembali ke performa terbaiknya.

Untuk mandi hangat di malam hari juga bermanfaat bagi tubuh terutama ketika kita sedang lelah, hal ini akan mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomnia. Sedangkan dengan mandi air dingin di pagi hari, akan memberikan semangat untuk aktivitas di pagi hari.

Dampak Negatif Yang Ditimbulkan Mandi Air Hangat

Air hangat tidak hanya bermanfaat untuk tubuh kita sebagai menghilangkan komedo dan menjadikan tubuh menjadi rileks , Tetapi Air hangat memiliki dampak Negatif yang di timbulkan saat kita sering melakukan aktivitas mandi hangat tersebut :

- Menurunkan Kualitas Sperma
Mandi air hangat dapat menurunkan kualitas sperma ini dikarenakan mandi air hangat tidaklah baik untuk testis. Berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversibe ( dapat berubah ). Air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.

- Pori - Pori Menjadi Lebih Besar
Banyak orang yang ingin mandi air hangat di jadikan kebiasaan maka bisa menyebabkan pori-pori tubuh menjadi lebih besar sehingga tubuh juga menjadi lebih mudah sakit. Hal ini terjadi karena ketika tubuh terkena air hangat atau panas kemudian pori-pori membuka dan pembuluh darah pada bagian kulit jugamenjadi sangat sensitif.

- Menurunkan Tekan Darah Terlalu Jauh
Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi, atau tekanan darah yang terlalu rendah, disankan untuk tidak mandi air hanat. Hal ini bagi penderita justru akan berpotensi untuk membuat tekanan darah semakin melonjak lebih jauh.

- Kulit Sensitif
Biasanya ketika kita mandi air hangat maka terbiasa memakai suhu tertentu. Namun resiko kulit sensitif tetap bisa terjadi karena perbedaan suhu antara air dan suhu kulit yang normal. Ketika terjadi perbedaan yang terus menerus maka kulit akan mengirimkan sinyal sensitif dengan berbagai reaksi yaitu kulit seperti terbakar hingga muncul ruam merahdan luka pada kulit. Resiko ini biasanya lebih sering ditemukan pada bayi dan orang tua, terlebih bayi yang baru lahir.

- Sakit Kepala
Perubahan antara suhu udara dengan suhu air bisa membuat masalah pada aliran darah dari tubuh ke bagian otak. Perubahan aliran darah yang terjadi pada otak bisa menjadi penyebab sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini kemudian akan membuat kamu merasa sulit untuk berdiri, berjalan atau duduk dengan baik. Rasa sakit kepala bisa menjadi lebih berat tergantung kondisi kesehatan.

Mandi dengan air membran ro yang hangat banyak manfaat, tapi juga memiliki resiko. Mandi dengan air hangat bisa memberikan manfaat. Tentu saja beberapamanfaat dapat didapatkan oleh kamu apalagi dilakukan dengan cara yang benar.

Baca artikel terkait : Memilih penjualan mesin filter air



Related Posts:

0 Response to "Manfaat Mandi dengan Air Hangat dan Dampak Negatif"

Posting Komentar